Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli – Di era perkembangan teknologi seperti sekarang, masyarakat banyak yang sudah memanfaatkan teknologi dalam kegiatannya sehari-hari.

Secara umum, pengertian teknologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Para ahli pun memiliki pengertian tersendiri tentang teknologi.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Capra

Pengertian teknologi ialah salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literature dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

  • Manuel Castells

Pengertian teknologi ialah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

  • Toynbee

Pengertian teknologi ialah ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu.

  • Gary J. Anglin

Pengertian teknologi ialah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

  • Merriam Webster

Teknologi ialah suatu penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas terutama dengan menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; serta juga aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

  • Jacques Ellil

Pengertian teknologi ialah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

  • Miarso

Pengertian teknologi ialah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan.

Manfaat Teknologi

Di masa sekarang, perkembangan teknologi semakin cepat. Berbagai sektor pun memanfaatkan teknologi untuk membantu kegiatan mereka.

  1. Membantu serta mempermudah kegiatan manusia.
  2. Dapat meringankan pekerjaan yang sangat berat.
  3. Dapat menambah lapangan pekerjaan.
  4. Dapat dengan mudah dioperasikan.
  5. Dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

Jenis Teknologi

1. Teknologi informasi, yakni suatu teknologi yang dapat membantu manusia untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan efektif.

2. Teknologi komunikasi, yakni suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain, di mana mereka saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat tertentu.

3. Teknologi pendidikan, yakni teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, di mana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu.

4. Teknologi transportasi, yakni suatu teknologi yang membantu manusia untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu cepat.

5. Teknologi medis, yakni suatu teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, di mana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi medis.

6. Teknologi Konstruksi, yakni suatu teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *